Saturday, January 1, 2011

Perekonomian Indonesia Berpotensi Membaik

Wakil Presiden Boediono menegaskan Indonesia memiliki potensi untuk mengelola  ekonomi secara baik, hingga memiliki pertumbuhan yang baik.
“Potensi kita cukup banyak, untuk dapat kita kelola dan aktualisasikan pada perekonomian kita pada tahun 2010,” katanya, pada seminar meneropong perekonomian Indonesia 2010 di Jakarta, Rabu (9/12).
Wapres yang mengutip analisis majalah The Economist mengatakan, ada beberapa potensi yang mendukung Indonesia dapat keluar dari krisis bahkan dapat memiliki pertumbuhan ekonomi yang cukup baik dan cepat. Potensi itu antara lain, Indonesia memiliki struktur kependudukan “muda” di mana usia produktif pada lima hingga sepuluh tahun mendatang akan lebih banyak. Kedua, kondisi fiskal yang cukup baik untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lebih cepat.  “Indonesia masih memiliki ruang untuk membangun sektor keuangannya meski pun dalam kondisi krisis karena kondisi fiskalnya cukup baik,” ujarnya.
Boediono menambahkan, selain dua faktor tersebut ada hal lain yaitu adanya pemerintah yang kuat untuk melakukan reformasi termasuk dalam bidang ekonomi serta keempat stabilitas politik yang cukup baik. “Empat hal itu, yang seharusnya dapat kita jaga sebagai modal pertumbuhan ekonomi nasional yang lebih baik pada tahun mendatang,” ujarnya.
Hal lain yang perlu diaktualisasikan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi nasional lebih baik adalah hubungan yang baik antara semua elemen bangsa. “Kita harus punya komitmen bersama yang kuat kemana bangsa ini akan dibawa,” ujar Boediono.
Wapres mengingatkan, masyarakat agar tidak membuang energi di luar agenda pembangunan.  “Kalau kita cinta kepada negeri ini, kita memakai momentum ini untuk membangun bersama. Jangan buang energi yang tujuannya di luar itu. Sayang,” kata Boediono.
Menurutnya, energi sosial kadang kala terbuang karena diarahkan untuk kepentingan yang tidak jangka panjang. Elit ekonomi politik harus punya visi, harus punya kesepakatan. Boediono mengatakan, energi masyarakat merupakan energi yang luar biasa. Karena itu jangan disiakan. “Asal elitnya itu mengarahkan dengan benar, negara ini akan baik. Sebenarnya kalau pakai analisa ekonomi yang simple, nasib negara ini ada di tangan elitnya,” demikian Wapres.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment