Saturday, January 1, 2011

RI-Jepang Kembangkan 3 Kluster Agro Industri

Pemerintah Indonesia dan Jepang akan mendorong pengembangan tiga kluster industri berbasis agro. Ketiganya, yakni kawasan industri Semangke Kuala Tanjung di bagian selatan Sumatera, Dumai di Riau, dan Maloi di Kalimantan.
Menurut Wakil Menteri Pertanian Bayu Krishnamurti, Jepang merupakan mitra dagang penting bagi produk pertanian Indonesia. Enam koridor ekonomi yang sudah dirancang oleh pemerintah akan ditawarkan kepada investor Jepang.
“Pertanian berkepentingan dengan terwujudnya koridor ekonomi karena tiga dari enam koridor ekonomi yang diajukan akan sangat mendukung perkembangan pertanian,” kata dia di Jakarta, Senin 11 Januari 2010.
Kawasan Sumatera, dia menambahkan, akan menjadi andalan untuk antisipasi dan memberi nilai tambah pada komoditi unggulan di Sumatera yang akan booming dalam beberapa tahun ke depan.
Semangke Kuala Tanjung di bagian selatan Sumatra Utara akan bekerjasama dengan PTPN III. Sementara, di Dumai Riau akan dikembangkan di kawasan industrinya. Sama halnya dengan Maloi, akan menjadi andalan dengan pembangunan infrastruktur yang mendukung.
“Jadi konsepnya akan seperti koridor ekonomi Delhi-Mumbai, dimana infrastruktur dibangun secara terpadu dengan listrik dan transportasi yang dikaitkan dengan potensi ekonomi daerah,” kata dia.

No comments:

Post a Comment