Saturday, January 1, 2011

Pertumbuhan Ekonomi Dunia Akan Naik Tajam

Pertumbuhan ekonomi dunia diramalkan anak naik tajam di tahun 2010 menjadi 3,1 persen dibanding tahun 2009 yang hanya -1,1 persen berdasarkan proyeksi terakhir Internasional Monetary Fund (IMF). Hal tersebut disampaikan Ketua Lembaga Pengkajian, Penelitian, dan Pengembangan Ekonomi (LP3E) Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Faisal Basri dalam jumpa pers “Prospek dan Tantangan Ekonomi 2010 di Menara Kadin, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Selasa (12/1/2010).
“Tak satupun negara pertumbuhannya minus. Bahkan ekspansi pertumbuhan akan lebih tunggi dari krisis 2008. Jika masih rendah dari 2008, tandanya masih recovery krisis seperti Amerika,” ujar Faisal Basri.
Dilihat dari pertumbuhan ekonomi di triwulan ketiga 2009, sejumlah negara utama di belahan dunia telah menunjukkan pemulihan ekonomi yang berarti. Di Asia Tengara misalnya, pertumbuhan Ekonomi Singapura naik dua dijit menjadi 14,2 persen pada triwulan ketiga 2009. Melihat kondisi demikian maka diramalkan bahwa pertumbuhan ekonomi di ASEAN pada 2010 akan meningkat menjadi 4 persen dari 0,7 persen menurut IMF.
Pertumbuhan ekonomi yang akan menguat terlihat dari dua indikator yakni produksi sektor industri dan nilai ekspor. Kedua indikator tersebut juga memberi pertanda kuat bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia. “Hampir semua indikator menunjukkan nilai yang berarti. Makro ekonomi kita relatif menuju ke arah yang lebih baik, SBI naik terus,” kata Faisal Basri.
Meskipun demikian, menurut Faisal Basri, Indonesia tetap tidak boleh lengah dalam memanfaatkan momen peningkatan pertumbuhan ekonomi ini. “Tapi nggak boleh lengah, karena api cepat redup diterpa angin,” imbuh Faisal.

No comments:

Post a Comment