Saturday, January 1, 2011

Pemerintah genjot produksi pangan dalam negeri

Pemerintah berusaha meningkatkan produksi pangan dalam negeri untuk menghadapi tantangan perekonomian tahun 2011. Salah satu caranya meminta pemerintah daerah fokus menggenjot produksi pangan nasional.
Staf Khusus Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Dedi Masykur Riyadi mengatakan, pihaknya sudah menginstruksikan Pemerintah Jawa Barat memberi perhatian besar pada produksi pangan. “Begitu juga dengan Jambi,” katanya, Selasa.



146911744p Pemerintah genjot produksi pangan dalam negeri

Dedi menjelaskan, peningkatan produksi pangan dalam negeri ini untuk mengurangi ketergantungan pada pasar luar negeri. Maklum saja, dalam kurun waktu tiga bulan terakhir harga komoditi pangan dunia seperti jagung, beras, gandum, dan gula cenderung naik karena produsen membatasi stok.
Pemerintah menargetkan, besaran peningkatan produksi pangan sama dengan tahun 2010. Selain itu, pemerintah juga berharap kemampuan stok pangan nasional diperkirakan relatif sama dengan tahun 2010 yakni 1,5 juta ton per bulan.
Selama ini, Dedi mengakui produksi pangan belum sebanding dengan pertumbuhan ekonomi nasional. Karena itu, pemerintah berencana memberikan insentif bagi petani untuk berproduksi berupa harga pembelian pemerintah terhadap beras dan gabah, serta dukungan subsidi input. Namun, upaya ini masih harus berhadapan dengan tantangan anomali iklim dan kompetisi penggunaan lahan.

No comments:

Post a Comment